Quran Jurnal : Qs Al - Baqarah 183

Bismillah,
Alhamdulillah 1 Ramadan 1441 bertepatan dengan 24 April 2020 besok kita akan menunaikan ibadah Shaum Ramadan. Bahagia? Pastinya. Namun ada perasaan sedih juga, dimana pada tahun ini ibadah shaum kita tuh tidak seperti tahun sebelumnya. 

Namun percayalah, semua akan ada hikmahnya. Insya Allah. 

Sebagai warming up #QuranJurnal untuk lebih semangat mentadabburi Alquran, saya mengikuti program dari QuranJurnalIndonesia buat ikutan #QuranJurnal . Diawali dengan refleksi dari surat AL - Baqarah ayah 183 . 


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, 

Artinya :  
(Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu) di antara umat manusia (agar kamu bertakwa) maksudnya menjaga diri dari maksiat, karena puasa itu dapat membendung syahwat yang menjadi pangkal sumber kemaksiatan itu.


PENJELASAN AYAT 
Ayat di atas menerangkan bahwa puasa merupakan sebab terbesar untuk memperoleh ketakwaan. Puasa merupakan tameng bagi seseorang dari perbuatan maksiat, karena ia dapat melemahkan syahwat yang menjadi sumber maksiat. Di dalam puasa terkandung nilai-nilai ketakwaan 

183. كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ (diwajibkan atas kamu berpuasa) Yakni Allah mewajibkan atas kalian untuk berpuasa; yaitu menahan segala yang membatalkan puasa disertai dengan niat untuk menjalankannya, dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari. كَمَا كُتِبَ (sebagaimana diwajibkan) Yakni sebagaimana Allah mewajibkannya. عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ (atas orang-orang sebelum kamu) Yakni mereka adalah umat Nabi Musa dan Isa. لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (kamu agar kamu bertakwa) Yakni dengan menjaga puasa tersebut; karena puasa melemahkan keinginan hawa nafsu.

Refleksi dan Pelajaran yang bisa saya amalkan : 
Allah Subhanahuwata'ala mewajibkan atas kita semua sebagai umatnya untuk berpuasa, menahan segala yang bisa membatalkan puasa. Harus disertai dengan niat yang kuat untuk menjalankannya. 

Menjaga puasa : Sebab, dengan puasa bisa melemahkan keinginan atau hawa nafsu yang tidak baik. 

Bismillah, mudah - mudahan puasa Ramadan 1441 H ini bisa memberikan banyak berkah dan barokah terhadap saya dan semuanya, aamiin. 

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan. 



Wassalam, 








Komentar