Al - Baqarah 185

Bismillah,

Alhamdulillah, sudah memasuki hari ke - dua Ramadan yaa. Gimana puasanya? Alhamdulillah, semoga puasa kita diterima Allah dan berkah ya, aamiin.



#QuranJurnal hari ini adalah mentadabburi surat Al-Baqarah ayah 185 , tentang Allah subhanahuwata'ala meringankan perintah-NYA. 

Ayat Pilihan 


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ




Artinya : 
Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur. ( Qs. Al-Baqarah : 185 ) 



Penjelasan Ayat 

Turunnya Al-Quran adalah pada bulan Ramadan / bulan puasa. Jadi betapa istimewa nya bulan Ramadan. Puasa ada kaitannya dengan Al-Quran, begitu kuat. Kenapa? Sebab diangkatnya ketergantungan hati kita sebagai manusia kepada Allah Subhanahuwata'ala. 

Allah Subhanahuwata'ala menyebut bulan Ramadan ini sebagai bulan yang diturunkannya Al-quran, supaya ketergantungan sebagai setiap muslim terhadap Al-quran itu tinggi dan supaya manusia lebih sibuk dengan Al-Quran. KArena dalam Al-Quran semua tentang aturan kehidupan sudah jelas disana. 
Adanya keringanan bagi yang sakit atau dalam perjalanan untuk tidak berpuasa dan menggantinya dilain hari, sesungguhnya ini juga merupkan bukti cinta Allah Subhanahuwata'ala untuk kita semua. Bukankah islam itu memang meringankan? 



Doa saya : 

YA Rabb jadikan Ramadan ini penuh berkah untuk saya dan keluarga, berikanlahlah keagungan dan ampunan dosa dibulan ini untuk saya dan keluarga serta semua ummat muslimin dan muslimah, aamiin, 




02 Ramadan 1441H
25 April 2020



Tian lustiana 


Komentar