Al-baqarah : 186

Bismillah, 

Pada postingan kali ini masih tentang topik mengingat kasih sayang Allah Subhanahu wa ta'ala , setelah penjelasan pada Al-baqarah : 185 lalu bentuk kasih sayang Allah Subhanahu wa ta'ala adalah dengan meringankan perintah-NYA. Maka surat pilihan kali ini adalah Al-baqarah : 186 yang menceritakan tentang Allah Subhanahu wa ta'ala  menjawab semua doa - doa kita. 


وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: 

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. ( Qs. Al-Baqarah : 186 ) 



Penjelasan dan refleksi ayat 

Dalam surat ini, Allah Subhanahu wa ta'ala menjawab semua doa hamba-NYA dengan banyak cara, ga semua dijawab langsung, disegerakan namun ditunda dan pasti dijawab dan diijabah. Allah Subhanahu wa ta'ala akan menjawab setiap doa kita di waktu yang menurut - NYA sesuai dan tepat sesuai kebutuhan kita, maka jangan pernah lelah untuk selalu berdoa. Karena Allah Subhanahu wa ta'ala paham kapan kita benar - benar membutuhkan. 

Setiap doa yang dipanjatkan tak ada yang sia - sia maka jangan pernah jenuh berdoa, berdoa berdoa dan terus lah berdoa, karena doa adalah senjata umat Islam. 



Doa saya : 

Yaa Rabb, berkahilah hidup saya, lembutkanlah hati saya dan tetapkan keimanan setiap saat untuk saya, aamiin. 



03 Ramadan 1441H 
26 April 2020










Komentar